Vegas slots free

JENIS BENANG RAJUT DAN APLIKASINYA BAGIAN 1

JENIS BENANG RAJUT DAN APLIKASINYA BAGIAN 1


Merajut tidak hanya sekedar memilih sembarang benang kemudian merajutnya. Perajut perlu tahu jenis benang rajut yang cocok untuk produk karyanya. Pemilihan benang rajut sebaiknya disesuaikan dengan produk barang yang akan dibuat apakah itu sandal rajut, baju, tas rajut, topi, syal ataupun pernak-pernik lain .
TEKNIK MERAJUT

TEKNIK MERAJUT
Berikut beberapa jenis benang  rajut yang biasa digunakan beserta aplikasinya:
  1. Benang Katun
Jenis benang katun memiliki serat yang tidak elastis. Benang katun terbuat dari serat alami yaitu kapas. Karakteristik benang katun dingin, menyerap keringat, lentur, kuat, ringan, dan memiliki banyak pilihan warna. Benang katun bisa digunakan untuk berbagai karya rajutan, misalnya tas, sendal,  syal, asesoris, serbet, tatakan gelas, dan lain lain. Para pemula yang baru belajar umumnya menggunakan jenis benang rajut ini.
Benang katun bersifat dingin, ringan dan memiliki beraneka macam warna. Warna benang katun dibagi menjadi dua yaitu benang katun polos dan benang katun dengan warna gradasi yang biasa disebut benang sembur. Tingkat kehalusan benang katun tergantung dari materialnya. Benang katun lokal atau biasa disebut “soft cotton” dan katun bali memiliki tingkat kehalusan yang lebih tinggi dibandingkan benang katun pada umumnya. Sedangkan untuk benang katun impor, benang rajut dari Mesir  terkenal dengan kualitas seratnya.
BENANG RAJUT KATUN POLOS
BENANG RAJUT KATUN POLOS


TOPI RAJUT BAYI


Beberapa jenis benang katun  diantaranya :
1.1       Benang Katun Lokal
Katun lokal merupakan jenis benang rajut yang memiliki kualitas kehalusan standar dan harga yang ekonomis. Karena sifatnya yang tidak licin, umumnya perajut pemula menggunakan benang jenis ini untuk latihan.
 1.2. Benang Katun Kinlon
Benang Katun Kinlon merupakan jenis benang rajut yang sama dengan benang katun minlon. Jenis benang rajut yang cocok untuk pembuatan syal karena memiliki sifat yang mengembang dan hangat jika digunakan.
SYAL RAJUT
SYAL RAJUT

1.3. Benang Katun Minlon
Benang Minlon yaitu jenis benang rajut yang serupa dengan benang  Kinlon. Benang ini adalah benang katun yang lembut. Benang katun minlon cocok  sebagai bahan pembuat syal, amigurami dan baju karena sifatnya yang ringan dan lembut.
BENANG  RAJUTMINLON
BENANG RAJUT MINLON

AMIGURUMI HELLO KITTY

 AMIGURUMI HELLO KITTY

1.4. Benang Katun Panda
Benang Katun Panda merupakan jenis benang rajut  yang cocok untuk pembuatan kaos kaki karena teksturnya yang lembut dan hangat dikulit.
BENANG RAJUT PANDA
BENANG RAJUT PANDA




1.5. Benang Orchid
Benang Katun Orchid merupakan jenis benang rajut yang lembut namun tekstur benangnya agak pecah. Benang Orchid cocok digunakan untuk membuat baju dan syal. Benang ini kerap dibandingkan dengan benang Panda. Bagi yang belum terbiasa dengan benang yang agak pecah disarankan menggunakan benang Panda
BENANG RAJUT ORCHID
BENANG RAJUT ORCHID

  1. Benang Acrylic
Benang rajut acrylic merupakan jenis benang rajut yang terbuat dari bahan sintesis. Karakteristik benang ini lembut, ringan dan tidak panas saat dikenakan.
BENANG RAJUT ACRYLIC

BENANG RAJUT ACRYLIC
TOPI RAJUT BAYI ACRYLIC
TOPI RAJUT BAYI ACRYLIC


2.1       Acrylic Linen Yarn
Benang acrylic linen atau sering disebut benang pita memiliki tekstur yang  halus, tidak berbulu, bentuknya pipih. Benang ini digunakan dalam pembuatan syal, slipper, dan baju rajut. Cocok juga untuk rajutan teknik salomon dan menggunakan Loom.

2.2       Smooth Acrylic
Jenis benang rajut smooth acrylic memiliki tekstur halus dan berserat, berbulu tipis, tidak menimbulkan efek gatal di kulit dan terasa hangat jika dikenakan. Benang ini cocok digunakan untuk pembuatan selimut hangat,  bed cover, sweater, topi,  syal, sweater, dan lain lain

2.2 Acrylic Lokal / Siet
Jenis benang rajut arclylic lokal memiliki tekstur halus, berbulu tipis, jika dikenakan agak terasa panas. Jenis benang ini cocok untuk rajutan syal hangat, topi , sarung bantal, dan lain lain.